1/22/09

Cara menghindari Fake Login Friendster

Friendster merupakan situs jejaring sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Selain fungsi utamanya untuk memperoleh banyak teman atau bertemu teman lama, layanan ini juga memiliki banyak celah keamanan yang dimanfaatkan oleh sebagian orang/hacker-hacker yang bertujuan hanya sekedar iseng sampai dengan motif dendam.

Salah satunya yang lagi marak saat ini (menurut saya) adalah Fake Login.
Fake login merupakan alamat Friendster palsu yang digunakan untuk mengambil email dan password milik orang lain.

Cara kerjanya bisa lewat testimonial atau hanya dengan mengklik URL profile temanmu yang sudah dipasangi Fake Login. Setelah itu korban akan masuk ke halaman Friendster palsu untuk kemudian mengisikan Email dan password, dengan hitungan beberapa menit saja, ID serta password korban akan langsung terkirim ke email orang yang membuat fake login ini. Akibatnya, korban akan mulai mengambil alih dengan ID milik kamu, dia bisa dengan sesuka hati merubah profile, mengubah foto dengan foto yang tidak benar, dll.

Namun jangan khawatir, ada cara untuk menghidari hal tersebut (pencegahan lebih baik dari pada mengobati).
Cara ini saya peroleh berdasarkan pengalaman pribadi. Silahkan disimak baik-baik :

- Waspadai testimonial dari orang yang baru anda kenal/tidak dikenal.
Waspadai juga testimonial yang bersifat menggoda. Contoh, Hi… cantik, gimana kabarnya ???. dari contoh tersebut, bisa dilihat bahwa testimonial ini bersifat menggoda untuk/perlu dijawab. Biasanya si penerima akan langsung mengklik apablia mendapat testi seperti itu dengan tujuan untuk membalas testinya.

- Perhatikan alamat address bar jika anda masuk ke alamat bukan profile teman anda, biasanya fake login beralamat di http://h1.ripway.com/friendster/login/log.txt atau yang sejenisnya.

- Jika anda membuka/mengklik testi atau profile teman. Pastikan kamu tidak dibawanya ke sebuah alamat untuk login lagi, padahal sebelumnya anda sudah login.

- Bila sudah masuk ke sebuah halaman baru untuk login lagi, jangan sekali-kali anda mengisi form login tersebut. Langsung saja back atau kembali ke halaman sebelumnya.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Cara menghindari Fake Login Friendster"

Post a Comment

Thank's ya.. udah mau baca..

Jangan Lupa Tulis Komentarnya dong.. biar blog ini lebih maju..