5/12/08

Komputer ikut Berperan dalam Penyembuhan Narkoba

Para pecandu Narkoba pada umunya sulit untuk menghilangkan ketergantungannya. Kini sebuah software komputer yang dipadukan dengan konseling tradisional ternyata dapat membantu para pecandu Narkoba dalam proses penyembuhan dengan lebih efktif. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti di Yale University.

Biasanya, para pecandu narkoba menjalani terapi Kognitif-Behavioural yang berfokus pada pengajaran keterampilan dan strategi untuk membantu orang mengubah pola perilaku. Namun, sayangnya terapi ini tidak cukup tersedia bagi para pecandu Narkoba. Oleh karena itu para peneliti ini mengembangkan sebuah aplikasi software yang membantu memberikan terapi penyembuhan bagi para pecandu Narkoba.Software ini berisikan teks, audio, dan rekaman video contoh yang didesain untuk membantu pengguna mempelajari cara2 menjauhkan diri dari penggunaan Narkoba dalam perilaku mereka.

Dalam penelitian ini, dilibatkan ± 77 orang pecandu Narkoba. Mereka dibagi secara acak untuk menjalani terapi dengan komputer. Hasilnya para pecandu narkoba yang mendapatkan terapi dengan komouter menunjukkan kemajuan signifikan di akhir penelitian. ”menurut kami, cara ini merupakan cara yang efektif untuk membantu lebih banyak lagi pecandu narkoba mengubah perilaku mereka”. Tutur Kathlean M Carroll, tim peneliti Yale University.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 komentar: on "Komputer ikut Berperan dalam Penyembuhan Narkoba"

F474R said...

ya bagus juga ternyata pnymbuhannya udh mulai canggih

Febry said...

bang,mas,bu,pak,
tolong bantu aq tuk cari penyembuhan narkoba....
:((

Post a Comment

Thank's ya.. udah mau baca..

Jangan Lupa Tulis Komentarnya dong.. biar blog ini lebih maju..