6/26/09

Belajar Cara Membaca dalam Bahasa Jerman



Sahabat Facebook saya, ada yang bertanya, bagaimana caranya membaca bahasa Jerman?.. dan untuk memenuhi permintaannya itu, saya akan coba berikan hasil blogwalking saya ke blog ini.

Kalau melihat tulisan asing sering kita pesimis duluan. Padahal bagi orang Indonesia seharusnya tak terlalu sulit membaca huruf dan kata dalam bahasa Jerman. Karena memang banyak sekali kemiripannya.

Berikut cara membaca urutan abjad latin dalam bahasa Jerman:

a – be – ce – de – e – ef – ge – ha – i – yot – ka – el – em – en – o – pe – ku – er – es – t – u – fauve – x – uepsilontset

Mirip kan? Hanya yang berhuruf tebal saja yang berbeda. Itu pun berbeda pengucapan hurufnya, tapi bila sudah ada di dalam kata, bunyinya akan sama dengan bahasa kita.

Contoh:
Qualität – dibaca: kualitet
variabel – dibaca: fariabel
Januar – dibaca: Yanuar
Wolf – dibaca: Volf
Zebra – dibaca: Tsebra
Typ – dibaca: tüp (ü lihat penjelasan di bawah)

Tapi ada tambahan huruf lagi dalam bahasa Jerman, yaitu umlaut:
ä (a umlaut), biasa juga ditulis dengan ae
ö (o umlaut), biasa juga ditulis dengan oe
ü (u umlaut), biasa juga ditulis dengan ue

Nah ini yang susah. Susah untuk menuliskan bagaimana ketiga huruf umlaut itu dibaca. Harus mendengar dan melihat langsung. Tapi kira-kira begini:
ä – pengucapannya mirip dengan pengucapan e
ö – pengucapannya antara mengucapkan o dan u (mulutnya mancung ya…)
ü – pengucapannya antara mengucapkan u dan e (mulutnya mancung ya…)

Masih ada satu huruf lagi: ß (eszett). Ini cara membacanya gampang. Jangan panik dulu melihat bentuknya. Membacanya seperti membaca huruf s yang ‘tajam/tebal’ atau double s – ss.

Contoh: Grüßen dibaca: Gruessen.

Lalu ada lagi gabungan beberapa huruf yang sering dipakai dalam bahasa Jerman:
äu – dibaca oi/oy
ch – dibaca kh tebal
ck – dibaca k
ei – dibaca ai
eu - dibaca oi/oy
ie – dibaca i panjang
sp, st – bila diawal kata dibaca dengan s seperti syin atau sh atau sy; bila ditengah dibaca tipis seperti biasa
sch – membacanya juga seperti s pada syin atau sh atau sy.

Masih ada lagi beberapa huruf yang sering ditulis berdekatan. Tapi cara membacanya biasa saja seperti bahasa Indonesia.

Misalnya: Pf dalam Pfau (merak) dibaca Pfau seperti biasa.

Kasus lain:
– pengucapan huruf h. Bila huruf h terdapat di tengah kata, maka h ‘tidak dibaca’, tapi membaca a nya agak panjang aa.

Contoh: Mahnung – dibaca Manung.

- pengucapan huruf s. Bila huruf s diikuti vokal, maka dibaca z.

Contoh: Sonne – dibaca Zonne

- -ig. Bila ig terletak di akhir kata, maka dibaca ih.

Contoh: billig – dibaca billih

Sebetulnya masih ada lagi, yaitu akhiran -en, pada kata kerja bentuk dasar bahasa Jerman. Akhiran -en, ini biasanya diucapkan tak jelas.

Misalnya: machen – dibaca: mach‘n

Demikian dasar-dasar cara membaca satuan terkecil kata dalam bahasa Jerman. Mudah-mudahan tidak ada yang tertinggal.

Satu catatan: Pada kenyataan sehari-hari kerap terdengar ketakpersisan cara membaca/mengucapkan dari orang-orang native Jerman sekalipun. Hal ini dikarenakan- seperti juga pada semua bahasa di dunia- ‘pengucapan bahasa’ atau pronounciation memang bukanlah ilmu pasti. Ia dipengaruhi oleh dialek, tempat/lokasi, dan juga tingkat pendidikan.

Sebagai penutup berikut ada beberapa contoh sekedar untuk melengkapi:
- Michael Schumacher – dibaca: Mikhael Shumakher
- Winter – dibaca: Vinter
- Vogel – dibaca: Fogel
- Läufer – dibaca: Loyfer
- meine – dibaca: maine
- Europa – dibaca: Oyropa
- zurück – dibaca: tsuruek
- Biene – dibaca: Biine
- spät – dibaca: shpet
- Jaguar – dibaca: Yaguar
- Google – dibaca: Google
- Porsche – dibaca: Porsye
- Dr. Seuss – dibaca: Doktor Soyss

sumber : http://deutschlandisjerman.allespedia.com/?p=46

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

33 komentar: on "Belajar Cara Membaca dalam Bahasa Jerman"

AeArc' said...

ogah ah.. aku kan cinta bahasa Indonesia

joan said...

aq pngin tanya beda nya datif m akusativ ap y??,thanks b4

Anonymous said...

jErMaN,,,, I WANT YOU

Anonymous said...

wunderbar

Anonymous said...

trims yah...

jadi makin semangat belajar bahasa Jerman..
sangat membantu..

Gbu.. :)

Anonymous said...

Vielent dank ...............

Rifa said...

terimakasi .. ^_^

santi said...

saya sangat senang sekali apalagi kalau ada cerita dan bacaan sekali gus ditunggu ya ..

Anonymous said...

satu lagi kaidah pembacaan...

biasanya orang jerman melafalkan R dalam bahasa jerman terdengar samar, cara membacanya dapat:

1) Tidak terbaca/ sangat samar seperti kata Türkei (dibaca Tuekai);

2) Dibaca seperti (maaf) orang yang ingin mengeluarkan lendir dari hidung melalui mulut namun lebih halus (rkh)atau seperti membaca huruf kha' arab. Seperti kata Parlamentarische (dibaca parkh-la-men-ta-rkhi-sye), Arbeiten (dibaca arkhbait'n)

Anonymous said...

dan satu lagi membaca r di akhir menjadi a misal:

1) Der (dibaca dea)(seperti der euro (menjadi "dea oyrkho")
2) Traktor (dibaca trkhaktoa)

Anonymous said...

juga pembacaan yg berakhiran -tion menjadi t-sion...seperti

Kommunikation dibaca komunikat-sion bukan komuni-kesyen seperti Inggris...

Anonymous said...

di kasih audio / video pengucapan dong, biar lebih mudah di terima

Anonymous said...

Ditambah lg donk pengajarannya bhs. jermannya... Tq

Anonymous said...

kalo bisa di tambah bacaannya gan, makasih

zainul said...

di tambh lgi dunk...

nadzor said...

sip... sangat membantu

Anonymous said...

vielen dank :D

Sudarmawan said...

Thanks Infonya saya ingin sekali belajar bahasa Jerman,, supaya tau film perang dunia ke 2 pasukan jerman...

Anonymous said...

.schwarcraft de informasien

Anonymous said...

bahasa perancis sm jerman lebih sulit mana ya?

Heni`s Diary said...

thanks infonya. Berguna banget nih, soalnya baru aja mempelajari pelajaran bahasa jerman

Anonymous said...

DANKE !

Anonymous said...

masih kurang ngerti pelafalan yang ö, ä, ü. tapi thx untuk info ini, sangat bermanfaat bagi saya yang baru mempelajari bahasa jerman. Danke ! :)

M.ayatullah Fyermans Garra Aulia said...

Kren guys, lo byk' aja ea postingx soalx gue pgn bisa baget. Itung' lo bagi ilmu:-D

Anonymous said...

Thanks yaa buat info.y... Pengen banget blajar bhs jerman... Ada gebetan dari jerman nih...heheh bcanda :p

Anonymous said...

Deutscher autobahn...!!!
Manteps..!!!!

Anonymous said...

spät – dibaca: shpet ?? -> logat Berlin, Dresden dan sekitarnya.
Hamburg/Bremen gak gitu2 amat "shp" nya.

*lain padang lain ilalang.
Gruß:

Rina Jesica said...

thx bgt ya kak buat infonya, bermanfaat banget, soalnya ada rencana buat kuliah disana. Danke :D

Post a Comment

Thank's ya.. udah mau baca..

Jangan Lupa Tulis Komentarnya dong.. biar blog ini lebih maju..