3/20/08

Meningkatkan Performa Vista

MENINGKATKAN PERFORMA VISTA

Artikel ini juga saya ambil dari majalah PCMEDIA edisi 02/2008.

Windows Vista Mempunyai Fitur Sekuriti dan fungsi baru, serta tampilan yang menarik dengan Aero, Flip 3D, dan trik grafis lainnya. Namun, semuanya itu memakan resource yang pada akhirnya mempengaruhi performa komputer anda.

Bagi anda yang memiliki OS Windows Vista, saya akan memberi tau cara meningkatkan performa Vista anda.

Tambahkan RAM

Tidak bisa disangkal lagi, Vista merupakan operating system yang lapar memory. XP sudah bisa berjalan dengan cepat pada 512 MB, sedangkan Anda butuh minimal 1 GB untuk menjalankan Vista secara lumayan. 2 GB malah lebih bagus dan jika anda menjalankan semua fitur grafis dan mambuka banyak program sekaligus, terutama yang menggunakan banyak memory.4 GB tidaklah berlebihan. Untungnya, RAM masih relatif tidak mahal, jadi belilah sebesar mungkin, saat anda bisa. Anda tidak akan menyesalinya.

Gunakan Ready Bost

Tidak bisa secara fisik menambah RAM? Mungkin laptop anda sudah mencapai memory maksimum yang bisa diinstalasi. Jika demikian, Vista menyediakan tool untuk mengelabui komputer anda sehingga menganggap anda punya lebih banyak RAM dari yang sebenarnya. Anda bisa menggunakan flash memory sistem; Vista bisa mengakses flash memory lebih cepat dari pada data yang tersimpan di haed disk.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan flash card atau USB key performa tinggi. Pada waktu dimasukkan, windows akan menanyakan apakah anda ingin menggunakannya untuk menggunakan performa sistem, dan anda akan mengalokasikan berapa besar kapasitas yang ingin digunakan untuk keperluan tersebut. Sisanya digunakan untuk menyimpan data.

Gunakan Video Card yang Bagus

Jika anda puya cukup RAM, hardware yang kemungkinan besar menghambat performa komputer anda adalah video card. Anda butuh video card high-end untuk menjalankan Aero dengan lancar, tapi beberapa vendor komputer menjual komputer dengan video card ang tidak memadai. Anda bisa mengetahui apakah video card anda memadai dengan mengecek skor Windows Experience Index (WEI) pada Performance Information and Tools di Control Panel.

Sama seperti RAM system, semakin besar RAM video semakin baik, dan jika anda ingin memainkan game Vista, pastikan video card anda mendukung DirectX 10.

Hilangkan Program Starup Tambahan

Anda mungkin menemukan banyak program yang otomatis dijalankan pada waktu Windows booting, terutama jika anda membeli komputer dari vendor yang memasang banyak software. Beberapa di antaranya mungkin anda inginkan, seperti antivirus atau anti-spyware, tapi banyak diantara mereka mungkin tidak anda digunakan atau hanya kadang-kadang saja dan anda tidak mau menjalankan semuanya sekaligus mereka semua dimuat ke dalam memory dan memakan resoruce sistem—dan akibatnya sistem menjadi lambat karena mereka berjalan secara background.

Beberapa program starup bisa dihentikan dengan menghapus mereka dari folder starup. Yang lainnya dikonfigurasi dari registry. Banyak program starup yang bisa diatur dari Windows Defender Software Explorer, yang bisa anda akses dari link Manage Starup Program di panel sebelah kiri Performance.

Matikan Tambahan Tampilan

Banyak tambahan tampilan yang membuat Vista seperti Vista, seperti animasi apda waktu mengecilkan dan membesarkan jendela, menu memudar atau bergeser, bayangan dibawah menu dan pointer mouse, dan thumbnail gambar. Namun, semuanya itu memakan resorce, dan jika prioritas anda adalah performa, operating system akan menjadi lebih cepat tanpa mereka.

Kotak dialog Performance Options bisa diakses dari link Adjust Visual Effects, anda bisa mengatur setting terpisah, matikan yang tidak diinginkan, untuk meningkatkan performa. Atau anda bisa mematikan semua efek visual dengan mengklik Adjust For Best Performance.

Bersihkan dan Defrag Harddisk

File yang terfragmentasi atau banyaknya file ekstra yang tidak dibutuhkan pada harddisk bisa menurunkan performa. Vista menyediakan tool pembersihan harddisk, yang bisa anda akses dari Start, All Program, Accessories, System Tools. Tentukan drive yang ingin dibersihkan, dan tool akan mengestimasi jumlah kapasitas yang anda dapatkansetelah menjalankan proses Cleanup.

Defragmentasi harddisk akan mengatur ulang data sehingga semua bagian file tidak terpecah-pecah; ini membuat Vista bisa mengakses file tersebut lebih cepat. Proses Defragmentasi itu sendiri bisa memperlambat komputer anda, jadi lakukan pada waktu anda tidak sedang menggunakan komputer.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Meningkatkan Performa Vista"

Post a Comment

Thank's ya.. udah mau baca..

Jangan Lupa Tulis Komentarnya dong.. biar blog ini lebih maju..