8/9/08

Google Translate sudah diluncurkan di iPhone

Ingin translate kata dari bahasa asing ke bahasa indonesia atau sebaliknya, mungkin sulit kalau harus men-translate berbagai banyak kata dengan mencarinya di kamus... sekarang bagi kamu yang mempunyai iPhone atau 3G tidak perlu khawatir karena saat ini dengan layanan terbaru dari Google Translate Service dimana layanan tersebut bisa digunakan melalui apple handset.

Tentu saja, mengakses website yang memberikan layanan Google Translate merupakan seuatu hal yang mungkin dilakukan dengan perangkat iPhone, namun berdasarkan beberapa komentar yang masuk pada Official Google Mobile Blog, banyak pengguna iPhone mengatakan bahwa aplikasi ini tidak berjalan begitu sempurna pada perangkat touchscreen. Mengetahui informasi tersebut, 2 petinggi dari Google Developer akhirnya bekerja sama untuk memperbaiki aplikasi Google Translate untuk iPhone ini.

Dibangun dengan bahasa pemograman AJAX language API, Google Translate Web Page untuk iPhone ini mendukung semua jenis bahasa yang telah tersedia melalui halaman regular online translation. Secara otomatis, aplikasi ini akan menterjemahkan apa yang Anda inginkan langsung tertanam pada iPnone kita dan menerjemahkan bahasa yang kita inginkan ke iPhone anda dimana, aplikasi ini mengijinkan kita untuk mengaksesnya kapan saja kita mau namun saat kita tidak memiliki koneksi internet maka kita tidak dapat menggunakan layanan ini.

Pemilik iPhone dapat mengakses layanan Google Translate ini pada alamat http://translate.google.com/translate_t dan untuk menggunakan layanan ini kita tidak perlu membayar karena ini merupakan layanan yang gratis dan bebas charge. Hasil yang diberikan akan sama baik dalam pengaksesan melalui website dengan iPhone device ataupun pengaksesan melalui desktop PC. Kita harus mencermati bahwa koneksi internet kita harus tetap terjaga saat menerjemahkan text yang kita inginkan, dimana beberapa iPhone keluaran terbaru kemungkinan telah mendukung aplikasi ini. Berdasarkan informasi yang ada pada Google Blog, dalam 1 MB data, kita dapat melakukan 200-400 translation, dimana hal ini berarti ketika kita menerjemahkan banyak text maka kita dapat menghemat biaya koneksi internet kita karena aplikasi ini mendukung untuk proses menerjemahkan dalam bentuk text yang panjang.

Pihak pengembang mengatakan, layanan Google Translate ini belum sepenuhnya menjadi mesin penerjemah yang sempurna, namun layanan ini dapat terus dikembangkan dan diharapkan dapat membantu misalnya saat seseorang ingin mendiskripsikan suatu halaman web page dalam bahasa yang belum terlalu dia kenal, maka layanan ini diharapkan memberikan solusi.

Diharapkan, dengan peluncuran layanan baru ini, pemilik iPhone akan mendapatkan satu lagi aplikasi yang bersahabat dalam hal proses menterjemahkan suatu bahasa, dimana mereka dapat mengakses layanan ini kapan saja mereka membutuhkan, dimana saja. Dan aplikasi ini pun dapat bekerja pada device iPod Touch pula.

sumber : beritanet
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Google Translate sudah diluncurkan di iPhone"

Post a Comment

Thank's ya.. udah mau baca..

Jangan Lupa Tulis Komentarnya dong.. biar blog ini lebih maju..